Apa Itu Kitesurfing?

Apa Itu Kitesurfing? Banyak orang yang belum tahu tentang Kitesurfing, merupakan olahraga atau rekreasi yang menggunakan layang-layang listrik yang digunakan untuk menarik pengendara melalui air dipapan selancar kecil, kiteboard atau menggunakan papan wakeboard. Kitesurfing juga dikenal dengan layang-layang. Olahraga ini mulai ditemukan pada tahun 1999, namun diresmikan pada bulan Oktober 2008 oleh ISAF.

Olahraga Kitesurfing Mulai Diresmikan Pada Tahun 2008

Bentuknya adalah menggunakan baling-baling digerakkan dengan menggunakan bar control, kemudian dihubungkan dengan layang-layang menggunakan kabel tipis dengan panjang 22 hingga 27 meter. Olahraga ini cukup sulit bagi pemula, harus tahu gaya apa yang sebaiknya dilakukan saat papan selancar meluncur. Untuk seorang pemula lebih baik menggunakan angin yang memiliki kecepatan 12 dan 24 knot.

Olahraga Kitesurfing Mulai Diresmikan Pada Tahun 2008

Olahraga kitesurfing ini sudah dilombakan diberbagai negara, salah satunya adalah di Spanyol. Tepatnya pada tanggal 7 Agustus 2007, Gisela Pulido menjadi juara dunia yang keempat perlombaan Kitesurfing. Dengan adanya kejuaraan dunia tersebut, maka bisa dipastikan bahwa olahraga ini semakin terkenal. Bagi anda yang tertarik dengan olahraga atau rekreasi ini, maka harus menyiapkan berbagai alat seperti layang-layang atau sayap, pastikan lengkap dengan bilah dan garis dan tali pengapan layang-layang.

Alat lainnya yang harus ada adalah papan kitesurf, siapkan juga trapeze dan peralatan keselamatan lainnya seperti helm, jaket pelindung dan peralatan lainnya yang bisa disesuaikan dengan iklim. Sedangkan peralatan dasar lainnya adalah batang kemudi, harnest atau sabuk pengaman, 4 atau 5 baris dan leash.

Bagi anda yang tertarik dengan olahraga ini maka berikut ini adalah tips Belajar Kitesurfing untuk seorang pemula :
  • Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah membeli peralatan tersebut
  • Pilih instruktur kitesurfing yang berkualitas dan sudah memiliki pengalaman mengajar seorang pemula dengan baik
  • Anda harus tahu bahwa olahraga ini mengandung bahaya yang cukup besar, jika anda tidak yakin maka sebaiknya jangan lakukan
  • Sebaiknya bergabunglah dengan asosiasi kiteboarding lokal anda, dengan bergabung dengan asosiasi maka anda akan mendapatkan banyak materi yang bisa anda dapatkan. Selain itu jika anda bergabung dengan asosiasi maka memudahkan anda untuk mendapatkan akses ke lokasi kiting, selain itu bisa jadi anda mendapatkan asuransi pihak ke tiga.
  • Untuk anda yang seorang pemula, sebaiknya pilih lokasi air yang tidak berbahaya, jangan belajar dengan menggunakan ukuran layang yang penuh.
  • Sebaiknya ketika anda berlatih maka gunakan pelepasan keselamatan, sehingga anda akan lebih aman
  • Bagi seorang pemula lakukan kiting ditempat yang sudah digunakan orang lain, tanya juga tingkat bahaya dilokasi yang akan digunakan untuk latian
  • Jangan melompat di air dangkal, karena bisa saja menyebabkan cidera pada kaki anda.
  • Saat berlatih pastikan menggunakan pengaman helm, hal ini untuk keselamatan anda.
  • Sebelum melakukan latian, pastikan cek semua perlengkapan
  • Gunakan pelepasan yang cepat namun melindungi dengan baik
  • Pastikan istirahat jika anda lelah bermain atau berlatih, karena kelelahan bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan
  • Pastikan selalu menggunakan tali pengaman

Dan masih banyak lagi tips yang harus diketahui oleh seorang pemain kitesurf, pastikan segala sesuatu harus diperhatikan dengan baik, jika tidak maka bahaya bisa saja datang kepada anda. Penting juga mengetahuin tatacar dan peraturan kitesurfing. Untuk peraturan setiap negara berbeda-beda, sebaiknya sebelum anda bermain pastikan mengetahui peraturan apa saja yang harus di penuhi.

About the author: Scarlett Steward