Artikel

Hal Dasar yang Perlu Diperhatikan Saat Belajar Kitesurfing

Hal Dasar yang Perlu Diperhatikan Saat Belajar Kitesurfing Mungkin belum banyak mengetahui istilah olahraga jenis kitesurfing. Namun, setelah dihadapkan pada foto kitesurfing, tentu orang-orang akan mudah dalam membayangkan dan mengerti jenis olahraga ini. Semula, olahraga kitesurfing merupakan salah satu olahraga yang dikategorikan sebagai olahraga yang cukup ekstrim dan membahayakan. Namun, semakin kesini pandangan orang terhadap kitesurfing pun berubah. Kitesurfing kini menjadi salah satu olahraga yang sangat seru dan dapat dipelajari dengan mudah, sehingga banyak orang yang tidak menganggap olahraga kitesurfing ini  sebagai olahraga ekstrim. Kitesurfing merupakan jenis olahraga yang memanfaatkan air laut serta layang-layang parasut untuk menjadi alat kebutuhan dalam melakukan olahraga ini.

Di Indonesia sendiri, permainan ini sudah kerap dilakukan di pulau yang memiliki banyak pantai ideal untuk kitesurfing seperti pulau dewata bali. Karena merupakan olahraga yang sangat seru dan menantang, banyak orang yang penasaran seperti apa rasanya melakukan kitesurfing dan bagaimana cara belajarnya untuk pemula. Sebenarnya, mempelajari kitesurfing bukanlah hal mudah. Namun, sebelum mempelajari cara melakukan olahraga kitesurfing, ada beberapa aspek dasar yang perlu diperhatikan ketika bermain kitesurfing.

Aspek yang pertama adalah kekuatan angin. Walaupun kitesurfing merupakan hal yang sangat seru dan menyenangkan, namun semua ini tidak akan berjalan dengan lancar jika tempat yang digunakan untuk kitesurfing tidak memiliki tiupan angin yang cukup. Idealnya, permainan kitesurfing dilakukan pada pantai yang memiliki hembusan angin kuat yang pas, sehingga kegiatan kitesurfing dapat berjalan dengan lancar. Apalagi, permainan ini adalah jenis permainan yang sangat bergantung terhadap kekuatan angin yang ada, sehingga angin mengambil beran yang begitu besar terhadap permainan ini. Selain angin, aspek lain yang tidak boleh terlewatkan adalah mempelajari seperti apa kedalaman laut yang akan digunakan untuk kegiatan kitesurfing.

Ada beberapa orang yang memilih air dangkal sebagai tempat untuk berlatih kitesurfing, namun ada pula orang yang lebih menyukai air dalam untuk melakukan kegiatan ini. Pada dasarnya, pemilihan dangkal atau dalamnya air sebenarnya bergantung pada tujuan si pemainnya. Pantai dangkal bisa digunakan untuk berlatih karena dapat meminimalisir kemungkinan tenggelam pada saat melakukan olahraga kitesurfing ini. Namun, ketika pemain mengalami cedera dan memerlukan penepian segera, maka kemungkinan kaki pemain akan mengalami luka karena harus bergesekan dengan pasir laut di kedalaman air yang dangkal, sehingga air dangkal pun menciptakan resiko dan keuntungan sendiri. Dan demikian pula dengan air dalam. Air dalam dapat membuat pemain kitesurfing stabil dan kaki tidak akan cedera ketika ingin menghentikan permainan kitesurfing secara tiba-tiba.

Namun, untuk orang yang belum bisa berenang dengan lancar, hal ini akan menjadi bumerang tersendiri ketika tenggelam. Sehingga, dua-duanya memiliki sisi positif dan negatifnya. Dengan begitu, kedua air bisa dipilih sesuai dengan kemampuan si pemain. apabila belum bisa berenang dengan lancar, maka sebaiknya memilih air dangkal. Jika sudah bisa lancar dalam bermain kitesurfing, maka dapat menggunakan air dalam sebagai lokasi untuk melakukan kitesurfing.

Selanjutnya aspek yang perlu dipelajari adalah layang-layang parasut untuk kitesurfing. Idealnya, seseorang sudah mengenal cara kerja parasut dan bagaimana cara parasut dalam berinteraksi dengan angin, sehingga akan mudah dalam menguasai pergerakan parasut ketika sudah mengetahui prinsip dasar parasut dalam bekerja sama dengan angin untuk melakukan kitesurfing. Tentunya, dengan mempelajari itu maka proses berlatih kitesurfing pun akan mudah.

Kejuaraan Kiteboarding yang Diselenggarakan Rutin di Banyuwangi

Kejuaraan Kiteboarding yang Diselenggarakan Rutin di Banyuwangi Apakah Anda sangat tertarik dengan olahraga kiteboarding atau yang lebih dikenal dengan istilah kitesurfing? Pulau Tabuhan, Banyuwangi, beberapa kali pernah menggelar olahraga ektrim ini. Kitesurfing (berselancar di udara) adalah sebuah olahraga air yang sangat menantang. Olahraga ini mengandalkan kemampuan mengendalikan ombak sekaligus kecepatan angin. Saat kejuaraan digelar, masyarakat Banyuwangi berbondong-bondong untuk menyaksikan keseruan kejuaraan olahraga air dan udara ini. Di birunya air laut, ada beberapa peselancar dengan parasut warna-warni. Pemandangan yang indah sekaligus sangat menegangkan. Pernahkah Anda menyaksikan kejuaraan ini? Jika belum, mungkin inilah saatnya.

Pulau Tabuhan, Banyuwangi, digadang-gadang sebagai tempat kejuaraan kiteboarding terbaik. Kabarnya, kejuaraan Kiteboarding ASEAN Games juga akan dilakukan di pulau kecil ini. Pulau dengan lebar tidak lebih dari 5 hektar ini adalah kawasan tepat untuk beberapa permainan air, seperti surfing dan kiteboarding. Selain kejuaraan Kiteboarding ASEAN Games, Pulau Tabuhan juga punya agenda kejuaraan kitesurfing rutin yang telah digelar beberapa tahun belakangan. Kejuaraan rutin tersebut disebut dengan Summer Kitesurf Camp. Kejuaraan ini digelar oleh Pemkab Banyuwangi bekerja sama dengan kesatuan olahraga surfing dunia. Setiap tahunnya, sedikitnya ada 13 negara yang mengikuti kejuaraan ini. Summer Kitesurf Camp sendiri biasanya digelar pada bulan Agustus. Ini menjadi agenda rutin yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Kejuaraan Kitesurfing internasional ini sudah digelar rutin beberapa tahun belakangan. Ada 13 negara yang rutin mengikuti kejuaraan ini, yaitu Austria, Nederland, Thailand, Swiss, Australia, Italia, Frace, Inggris, Spain, Bulgaria, Spanyol, Malaysia, dan tentu saja tuan rumah, Indonesia. Dari 13 negara tersebut, masing-masing negara boleh mengirimkan lebih dari satu atlit. Sejak tahun 2017 lalu, kejuaraan ini telah dimasukkan ke dalam agenda rutin Banyuwangi. Kejuaraan ini pun sudah dikemas secara professional oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Untuk tahun 2018 ini, kejuaraan serupa pun akan digelar dan dipastikan akan lebih semarak dari tahun-tahun sebelumnya. Anda hanya hanya harus menunggu tanggal mainnya saja.

Pulau Tabuhan, Banyuwangi, memang pantas dijadikan sebagai pulau untuk bermain kitesurfing. Di pulau yang berada di kawasan Banyuwangi utara ini, selalu ada ombak bergulung-gulung yang tidak terlalu besar. Lalu, kecepatan anginnya juga termasuk normal, yaitu antara 20 – 30 knot. Waktu terbaik untuk bermain kitesurfing adalah saat musim panas, yaitu antara Juli sampai denga Agustus. Pada rentang bulan tersebut, kondisi angin sedang bagus-bagusnya. Jadi, Anda bisa bermain kitesurfing dengan lebih baik. Jika Anda memiliki waktu luang, Anda pun bisa menyempatkan diri untuk menyaksikan kejuaraan kiteboarding yang digelar pada bulan Agustus. Pengalaman menyaksikan kejuaraan kiteboarding pasti akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan dalam kehidupan Anda.

Bagi Pemkan sendiri, adanya kejuaraan kitesurfing bertaraf internasional ini sangat menguntungkan. Kejuaraan kitesurfing ini menjadi sarana untuk mempromosikan Kota Banyuwangi ke publik secara luas. Dengan adanya kejauraan Kitesurfing, akan ada wisatwan-wisatawan asing yang memadati Pulau Tabuhan. Pariwisata di pulau ini pasti akan naik. Lebih dari itu, pulau kecil yang tidak berpenduduk ini sejatinya adalah sebuah pulau yang indah. Di pulau dengan luas 5 hektar ini, hamparan pasir putih masih sangat putih dan terjaga. Air laut pun terlihat sangat jernih. Saat masih pagi, Anda bahkan bisa melihat biota laut dari permukaan pantai karena kejernihan air lautnya. Sayangnya, pulau kecil ini kalah saing dengan Bali. Dengan adanya kejuaraan ini, Pulau Tabuhan mulai dikenal masyarakat luas.

Teknik Bermain Kiteboarding bagi Pemula

Teknik Bermain Kiteboarding bagi Pemula Olahraga kiteboarding memang masih sangat asing di telinga beberapa orang, terutama orang-orang yang memang tidak memiliki minat pada olahraga air. Akan tetapi, bagi pecinta olahraga air, kiteboarding adalah salah satu olahraga air yang sekarang sedang booming. Olahraga ini juga dikenal dengan istilah kitesurfing. Tidak seperti surfing biasa, kiteboarding atau kitesurfing ini memadukan kemampuan berselancar dengan bermain layangan. Permainan ini memang sangat seru dan menegangkan. Dilihat sekilas, olahraga ini memang kelihatannya gampang dan sederhana. Padahal, butuh skill tertentu yang harus dikuasai agar bisa memainkan permainan ini dengan seru dan menyenangkan. Setidaknya, ada beberapa teknik yang harus Anda kuasai saat bermain kiteboarding. Berikut ini adalah teknik-teknik bermain kitesurfing.

Mengenal Lebih Dekat Olahraga Kiteboarding

Mengenal Lebih Dekat Olahraga Kiteboarding Penasaran dengan apa itu olahraga air kiteboarding? Jika iya, artikel ini adalah jawabannya. Kiteboarding atau yang lebih dikenal dengan kitesurfing adalah salah satu olahraga air yang belakangan ini banyak diminati oleh kaun mudah. Kiteboarding sendiri merupakan olahraga air yang memadukan antara surfing dan juga layangan. Olahraga surfing biasa hanya menggunakan papan seluncur kemudian didayung menggunakan tangan lalu menyelaraskan diri dengan ombak. Sementara itu, olahraga kitesurfing tidak hanya menguji bakat Anda dalam bermain surfing, tetapi juga kemampuan Anda dalam mengendalikan parasut khusus yang tertipu angin (hampir mirip seperti mengendalikan layangan raksasa). Tentu saja dibutuhkan skill khusus agar bisa mengendalikan dua rintangan sekaligus. Tertarik untuk mencobanya?

Pulau Tabuhan, Pulau Andalan Para Kiteboarding

Pulau Tabuhan, Pulau Andalan Para Kiteboarding Kiteboarding atau yang juga dikenal denga kitesurfing menjadi salah satu olahraga yang cukup populer belakangan ini. Anak-anak muda, khususnya pecinta surfing, berbondong-bondong ingin mencoba olahraga air ini. Tak hanya seru dan menyenangkan, Kiteboarding juga sangat menegangkan dan memacu adrenalin. Memaikan permainan ini membutuhkan keberanian dan skill tersendiri. Sudah pernah coba? Sebagai negara maritim, Indonesia memang punya banyak sekali pantai. Akan tetapi, tidak semua pantai tersebut bisa dijadikan area untuk bermain kiteboarding. Permainan ini membutuhkan pantai dengan ombak bergulung-gulung yang tidak terlalu besar. Lalu, kondisi kecepatan angin juga harus stabil di angka di atas 20 knot. Di pantai seperti itulah olahraga ini baru bisa dimainkan.

Keseruan Menantang Air dan Angin dengan Kiteboarding

Keseruan Menantang Air dan Angin dengan Kiteboarding Ada banyak sekali aktivitas menyenangkan yang bisa kita lakukan saat berada di pantai, khususnya di pantai dengan ombak yang cukup tinggi dengan semilir angin yang sepoi-sepoi. Tak hanya bermain surfing, ada permainan air lainnya yang sangat seru dan memacu adrenalin. Permainan tersebut adalah kiteboarding. Ini adalah sebuah permainan air yang memadukan kemampuan untuk mengendalikan air dan mengendalikan angin sekaligus. Ada bisa juga memadukannya dengan gerakan-gerakan yang akrobatik. Permainan ini termasuk ke dalam olahraga air yang banyak diminati oleh orang-orang di berbagai belahan dunia. Pernahkah Anda mencoba olahraga air yang cukup ekstrim ini? Lalu, bagaimana perasaan Anda?

Kiteboarding Perpaduan Angin Dan Air

Kiteboarding Perpaduan Angin Dan Air Pernahkah anda membayangkan melakukan sebuah olah raga air yang dipadukan dengan angin. Namun ternyata sensasinya sangat menakjubkan. Anda bisa membelah lautan dengan ditarik dengan menggunakan parasut yang diterbangkan oleh angin. Angin berperan secara aktif untuk menarik tubuh anda untuk membelah lautan luas. Jika bermain parasut anda hanya perlu teknik menguasai parasut yang diterbangkan oleh angin dan anda bisa menikmati pemandangan laut dari udara. Jika surfing anda harus membelah ombak untuk melakukan bebérapa teknik membelah ombak yang menggila.

Kenalan Dengan Kiteboarding

Kenalan Dengan Kiteboarding Kiteboarding merupakan olah raga yang hanya dimainkan oleh orang tertentu saja. Meskipun hanya bisa dimainkan oleh orang tertentu, namun olah raga ini cukup seru untuk dicoba. Guna memainkan olah raga kiteboarding anda harus merogoh dompet cukup dalam. Cukup banyak yang harus anda siapkan dananya untuk bisa memainkan kiteboarding. Namun demikian, cukup seru jika anda bisa memainkanya. Biaya untuk sekedar kursus dan menguasai teknik dasarnya saja sudah sangat mahal, termasuk biaya yang harus anda keluarkan untuk menyewa peralatan. Namun demikian jenis olah raga yang satu ini memang banyak penggemarnya dan banyak juga yang merasa penasaran dengan olah raga yang satu ini. Terbukti banyak orang yang penasaran dan ingin mencoba sensasi mengendalikan papan seluncur sambil mengendalikan parasut. Kedua teknik dasar tersebut memang berbeda jauh. Namun anda akan merasa tertantang untuk menaklukkannya.

Teknik Dasar Kiteboarding

Teknik Dasar Kiteboarding Kiteboarding merupakan salah satu jenis olah raga baru yang sedang digemaei oleh masyarakat. Sebagai salah satu jenis olah raga yang sangat menantang tentu dibutuhkan sebuah keberanian untuk melakukan olah raga yang tergolong cukup ekstrim ini. Jadi ketika anda belum memiliki keberanian untuk mencoba olah raga ini maka akan sangat sulit anda untuk melakukan olah raga yang satu ini. Meskipun anda sudah pernah mencoba olah raga selancar air, anda tetap harus belajar untuk memainkan olah raga yang satu ini. Meskipun anda adalah peselancar yang cukup handal, akan tetapi tetap sangat disarankan bagi anda untuk belajar menguasai olah raga ini lebih lanjut. Sehingga anda akan lebih mudah menikmati olah raga yang satu ini. Terlebih bagi anda para pemula sangat wajib anda mengambil sekolah khusus untuk bermain olah raga kiteboarding. Olah raga yang satu ini memang memadukan antara surfing dan layang-layang. Meskipun anda sudah pernah mencoba keduanya secara terpisah akan perlu latihan khusus untuk menguasai keduanya dan mengendalikan keduanya secara bersamaan. Jadi memang jenis olah raga ini cukup unik dan sangat menantang. Ada beberapa teknik dasar yang harus anda kuasai agar anda bisa mengendalikan papan seluncur sekaligus mengendalikan layang-layang secara bersamaan. Jadi memang sangat dibutuhkan keberanian serta teknik yang sesuai untuk menguasai olah raga ekstrim yang satu ini.

Syarat Lokasi Kiteboarding

Syarat Lokasi Kiteboarding Memilih lokasi untuk mencoba tantangan olah raga ekstrim seperti kiteboarding memang tidak bisa sembarangan. Sebab olah raga yang satu ini harus dilakukan pada lokasi yang tepat. Sebab jika lokasinha tidak tepat maka bisa jadi olah raga ini akan menjadi sangat berbahaya. Jadi ketika anda memilih laut yang keliru maka olah raga ini menjadi cukup  berbahaya. Terlebih jika anda adalah pemula. Selain anda bisa berolah raga sambil menikmati keindahan laut yang anda tantang tersebut, namun anda juga harus berhadapan dengan kecepatan angin. Berbeda dengan olah raga surfing. Surfing akan semakin menantang jika kondisi laut memiliki ombak yang semakin kencang. Sebab surfing sangat mengandalkan kekuatan ombak untuk meraih keseruan.