Artikel

Apa Itu Kitesurfing?

Apa Itu Kitesurfing? Banyak orang yang belum tahu tentang Kitesurfing, merupakan olahraga atau rekreasi yang menggunakan layang-layang listrik yang digunakan untuk menarik pengendara melalui air dipapan selancar kecil, kiteboard atau menggunakan papan wakeboard. Kitesurfing juga dikenal dengan layang-layang. Olahraga ini mulai ditemukan pada tahun 1999, namun diresmikan pada bulan Oktober 2008 oleh ISAF.

Olahraga Kitesurfing Mulai Diresmikan Pada Tahun 2008

Bentuknya adalah menggunakan baling-baling digerakkan dengan menggunakan bar control, kemudian dihubungkan dengan layang-layang menggunakan kabel tipis dengan panjang 22 hingga 27 meter. Olahraga ini cukup sulit bagi pemula, harus tahu gaya apa yang sebaiknya dilakukan saat papan selancar meluncur. Untuk seorang pemula lebih baik menggunakan angin yang memiliki kecepatan 12 dan 24 knot.

Olahraga Kitesurfing Mulai Diresmikan Pada Tahun 2008

Olahraga kitesurfing ini sudah dilombakan diberbagai negara, salah satunya adalah di Spanyol. Tepatnya pada tanggal 7 Agustus 2007, Gisela Pulido menjadi juara dunia yang keempat perlombaan Kitesurfing. Dengan adanya kejuaraan dunia tersebut, maka bisa dipastikan bahwa olahraga ini semakin terkenal. Bagi anda yang tertarik dengan olahraga atau rekreasi ini, maka harus menyiapkan berbagai alat seperti layang-layang atau sayap, pastikan lengkap dengan bilah dan garis dan tali pengapan layang-layang.

Alat lainnya yang harus ada adalah papan kitesurf, siapkan juga trapeze dan peralatan keselamatan lainnya seperti helm, jaket pelindung dan peralatan lainnya yang bisa disesuaikan dengan iklim. Sedangkan peralatan dasar lainnya adalah batang kemudi, harnest atau sabuk pengaman, 4 atau 5 baris dan leash.

Bagi anda yang tertarik dengan olahraga ini maka berikut ini adalah tips Belajar Kitesurfing untuk seorang pemula :
  • Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah membeli peralatan tersebut
  • Pilih instruktur kitesurfing yang berkualitas dan sudah memiliki pengalaman mengajar seorang pemula dengan baik
  • Anda harus tahu bahwa olahraga ini mengandung bahaya yang cukup besar, jika anda tidak yakin maka sebaiknya jangan lakukan
  • Sebaiknya bergabunglah dengan asosiasi kiteboarding lokal anda, dengan bergabung dengan asosiasi maka anda akan mendapatkan banyak materi yang bisa anda dapatkan. Selain itu jika anda bergabung dengan asosiasi maka memudahkan anda untuk mendapatkan akses ke lokasi kiting, selain itu bisa jadi anda mendapatkan asuransi pihak ke tiga.
  • Untuk anda yang seorang pemula, sebaiknya pilih lokasi air yang tidak berbahaya, jangan belajar dengan menggunakan ukuran layang yang penuh.
  • Sebaiknya ketika anda berlatih maka gunakan pelepasan keselamatan, sehingga anda akan lebih aman
  • Bagi seorang pemula lakukan kiting ditempat yang sudah digunakan orang lain, tanya juga tingkat bahaya dilokasi yang akan digunakan untuk latian
  • Jangan melompat di air dangkal, karena bisa saja menyebabkan cidera pada kaki anda.
  • Saat berlatih pastikan menggunakan pengaman helm, hal ini untuk keselamatan anda.
  • Sebelum melakukan latian, pastikan cek semua perlengkapan
  • Gunakan pelepasan yang cepat namun melindungi dengan baik
  • Pastikan istirahat jika anda lelah bermain atau berlatih, karena kelelahan bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan
  • Pastikan selalu menggunakan tali pengaman

Dan masih banyak lagi tips yang harus diketahui oleh seorang pemain kitesurf, pastikan segala sesuatu harus diperhatikan dengan baik, jika tidak maka bahaya bisa saja datang kepada anda. Penting juga mengetahuin tatacar dan peraturan kitesurfing. Untuk peraturan setiap negara berbeda-beda, sebaiknya sebelum anda bermain pastikan mengetahui peraturan apa saja yang harus di penuhi.

Mengenal Lebih Dekat Olahraga Kitesurfing

Mengenal Lebih Dekat Olahraga Kitesurfing. Salah satu olahraga air yang sangat menarik untuk dilakukan adalah kitesurfing. Kitesurfing merupakan olahraga yang memanfaatkan tenaga air dan layang-layang parasut untuk membuat pemainnya dapat bergerak berselancar di perairan. Beberapa waktu yang lalu, kitesurfing dikategorikan dalam salah satu olahraga yang cenderung ekstrim. Akhir-akhir ini, semakin berkembangnya alat kitesurfing dan meningkatnya upaya keamanan dari permainan kitesurfing, maka olahraga ini sudah menjadi salah satu olahraga seru yang banyak diminati oleh orang-orang. Olahraga ini sudah banyak dilakukan di beberapa negara, salah satunya adalah negara Indonesia sendiri. Bahkan, Indonesia memiliki banyak pantai yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat kitesurfing.

George Pocock Yang Memperkenalkan Olahraga Kitesurfing Kepada Dunia

Sebenarnya, permainan kitesurfing sudah mulai ditemukan sejak tahun 1800 dimana George Pocock menggunakan sistem layang-layang kitesurfing untuk mendorong kapal dan gerobak. Alhasil, kapal dan gerobak ini dapat bergerak dan terdorong dengan mudah baik menuju lautan maupun menuju daratan, sesuai dengan arah hembusan angin dari pantai tersebut. Perkembangan besar terjadi di awal tahun 1900an, dimana Samuel Cody membuat inovasi berupa layang-layang yang dapat mengangkat manusia. Inovasi ini cukup membuahkan hasil yang memuaskan, yaitu bisa digunakan untuk menyebrangi sepanjang Selat Inggris. Untuk berproses hingga menjadi kitesurfing, perkembangan ini membutuhkan sekitar 75 tahun untuk menjadi kitesurfing yang biasa digunakan seperti sekarang. Tepatnya pada tahun 1979, olahraga kitesurfing sudah mulai memiliki desain yang paten dan digunakan untuk berolahraga.

George Pocock Yang Memperkenalkan Olahraga Kitesurfing Kepada Dunia 

Sejak itu, perkembangan kitesurfing sudah menjadi perkembangan  yang menekankan pada bentuk layang-layang yang ideal dan teknik-teknik permainannya. Kitesurfing sudah mulai ideal karena sudah memiliki inovasi dan cara pengaturan keseimbangan dan teknik untuk mengatur kecepatan dari permainan kitesurfing itu. Pada tahun 1999, nama kitesurfing sudah mulai dikenal, sejak sebelumnya lebih akrab diistilahkan sebagai flyingsurfing. Mulai tahun 2000, permainan kitesurfing sudah banyak digemari peselancar air dari mancanegara, namun ada beberapa yang mengungkapkan bahwa olahraga ini adalah olahraga yang ekstrim. Namun seiring perkembangan waktu, permainan ini selalu mengalami peningkatan baik inovasinya maupun peminatnya. Hingga kini orang-orang sudah bisa menentukan desain layang-layang parasut yang cocok dan bagaimana menentukan pantai dengan angin yang tepat untuk dijadikan sebagai lahan kitesurfing.

Olahraga Kitesurfing Dimainkan di Negara Yang Memiliki Pantai Yang Ideal

Ada banyak negara yang dijadikan sebagai tempat bermain kitesurfing ideal, salah satunya adalah Indonesia. Selain memiliki berbagai pantai yang cocok untuk kitesurfing, Indonesia juga memiliki beberapa sekolah yang mengajarkan permainan kitesurfing dari pengenalan hingga menjadi seorang peselancar kitesurfing yang handal. Tentunya, dalam belajar permainan kitesurfing ini membutuhkan latihan beberapa hari bagi seseorang untuk bisa mahir dalam bermain kitesurfing. Meskipun terbilang permainan yang cukup menyenangkan, namun permainan ini juga mencetak beberapa kecelakaan. Kecelakaan dalam bermain kitesurfing ada yang menyebabkan cedera kaki.

Cedera kaki terjadi karena seseorang memilih perairan yang terlalu dangkal, sehingga ketika mencoba untuk berhenti langsung mengalami kecelakaan yang menyebabkan kaki menjadi korban. Lebih parah lagi, ada kasus yang menjadikan seseorang meninggal ketika melakukan permainan kitesurfing. Biasanya kecelakaan ini terjadi karena kurang aman dalam bermain maupun ada beberapa hal yang berada di luar dugaan. Namun, pada umumnya permainan ini adalah permainan yang aman jika mengikuti prosedur yang ada, serta didampingi oleh orang yang ahli ketika sedang menjadi pemula. Sehingga, tidak perlu kecemasan berlebih ketika bermain kitesurfing karena bisa dilakukan dengan aman dan tidak menyebabkan kecelakaan serius.

Begini Uniknya Kitesurfing Di Australia yang Dilakukan Di Bawah Laut

Begini Uniknya Kitesurfing Di Australia yang Dilakukan Di Bawah Laut. Bagi orang-orang yang menyukai dunia olahraga air, tentu kitesurfing bukanlah merupakan jenis olahraga yang asing di telinga. Setelah sebelumnya sempat dikategorikan sebagai permainan ekstrim, kini kitesurfing sudah banyak dilakukan oleh peselancar laut karena kategori permainan ekstrim sudah tidak berlaku lagi untuk olahraga yang satu ini.

Tidak Semua Pantai Tampak Ideal Untuk Olahraga Kitesurfing

Umumnya, kitesurfing dilakukan dengan mengandalkan angin dan kedalaman air yang dipijak, serta layang-layang parasut yang digunakan. Sehingga, tidak semua pantai ideal untuk permainan ini, melainkan harus pantai yang memiliki tipe angin yang sesuai karena olahraga ini sangat membutuhkan angin sebagai media untuk membantu pemain kitesurfing. Namun, tidak demikian halnya dengan permainan kitesurfing di Australia. Ada permainan kitesurfing di australia yang tidak lazim dilakukan, yaitu kitesurfing yang dilakukan di bawah air.

Tidak Semua Pantai Tampak Ideal Untuk Olahraga Kitesurfing

Hal ini tentu mengejutkan bagi beberapa orang yang selama ini sudah berpikir bahwa kitesurfing hanya bisa dilakukan di permukaan laut dengan kriteria tertentu. Namun nyatanya, di negara Australia permainan kitesurfing di dalam air sudah banyak dilakukan oleh peselancar kitesurfing sejati. Tepatnya di kepulauan Cocos Keeling, banyak peselanncar kitesurfing yang melakukan olahraga ini dengan menyelam.

Olahraga kitesurfing di dalam air ini tentu bukan merupakan olahraga yang umum, sehingga harus orang yang benar-benar ahli lah yang bisa melakukannya. Berbeda halnya dengan permainan kitesurfing yang membutuhkan pengaturan dan teknik tertentu dalam menaklukan angin, kitesurfing bawah air harus bisa melakukan penaklukan aliran air. Selain itu, pemain kitesurfing bawah air juga harus merupakan penyelam yang sudah handal dan mahir, karena harus bisa berenang dan bisa menahan napas selama jangka waktu yang cukup lama.

Keunikkan Kitesurfing Bawah Laut di Australia

Bagi orang awam yang ingin bermain kitesurfing bawah air, tentu harus mengikuti pelatihannya terlebih dahulu. Kendala yang seringkali dialami oleh peselancar kitesurfing bawah air adalah dalamnya laut yang terkadang membuat layang-layang parasut yang digunakan oleh pemain menjadi kurang terlihat. Ketika hal ini terjadi, maka membutuhkan teknik khusus untuk dapat beradaptasi diri dengan itu. Namun, terlepas dari kendala tersebut, kitesurfing bawah air kerap disebut sebagai surganya para peselancar kitesurfing. Hal ini karena kitesurfing yang dilakukan di bawah air seakan tidak terikat dengan gravitasi, sehingga pergerakan akan mengalir begitu saja dan akan sangat terasa kenikmatan dari permainan olahraga ini.

Setidaknya, para pemain kitesurfing bawah air membutuhkan laut yang berkedalaman minimal 10 meter untuk bisa benar-benar menggunakan parasutnya agar melebar dan dapat membawanya mengikuti aliran laut. Dengan begitu, sudah jelas bahwa permainan ini harus dilakukan oleh orang-orang yang memang berkompeten dalam bidangnya sehingga tidak akan terjadi hal yang tidak diingikan. Meskipun terlihat sangat menantang, permainan ini bisa dijadikan sebagai inovasi baru bagi orang-orang pecinta kitesurfing yang menyukai tantangan baru.

Ketika sudah berada di bawah laut dan menemukan aliran yang pas, permainan ini akan menjadi permainan air yang sangat menyenangkan. Tentunya dalam melakukan permainan kitesurfing bawah air ini juga harus memperhatikan teknik untuk mengatur diri sendiri ketika mulai terbawa aliran, sehingga memiliki upaya keselamatan saat layang-layang parasut mulai membawa ke tengah lautan. Sehingga, pelatihan harus benar-benar selesai dan menjadi peselancar bawah laut yang handal ketika akan terjun ke bawah perairan Cocos Keeling. Untuk pecinta kitesurfing, maka permainan bawah laut yang satu ini patut untuk dicoba.

Inilah Tempat-Tempat Indah Untuk Kitesurfing di Indonesia

Inilah Tempat-Tempat Indah Untuk Kitesurfing di Indonesia. Kini olahraga kitesurfing sudah bukan lagi merupakan olahraga yang terdengar asing di telinga masyarakat. Olahraga kitesurfing sebenarnya hampir sama dengan olahraga surfing, namun bedanya untuk kitesurfing memakai payung layang-layang parasut sebagai medianya.

Olahraga Kitesurfing Membutuhkan Tempat Khusus Yang Sesuai Kriteria

Olahraga kitesurfing banyak memanfaatkan angin dan ombak untuk menjaga keseimbangan dari pemain, sehingga ini membutuhkan pelatihan khusus seama sekitar satu pekan bagi seseorang untuk benar-benar menguasai teknik kitesurfing. Olahraga kitesurfing tidak bisa dilakukan di sembarang pantai, namun harus dilakukan di perairan khusus yang dinilai beberapa sifatnya. Sifat pertama adalah kekuatan angin yang ada di pantai tersebut haruslah kuat namun tidak terlalu kencang. Kedua adalah kedalaman dari air tersebut haruslah ideal agar olahraga kitesurfing mudah untuk dikendalikan oleh pemainnya. Uniknya, Indonesia yang terkenal akan harta kekayaan alamnya ternyata juga memiliki segudang tempat perairan yang menarik untuk dijadikan sebagai tempat bermain kitesurfing.

Lahan Kitesurfing Yang Ada Di Indonesia

Tempat-tempat di negara ini pun cantik dan begitu asri, sehingga untuk orang-orang penyuka olahraga kitesurfing di dunia. Maka mereka akan merasakan surga bagi diri mereka sendiri ketika keliling Indonesia untuk menemukan lahan kitesurfing.

pantai kuta

Tempat yang pertama adalah Pulau Bali. Pulau bali sudah dikenal sebagai pulau yang memiliki fisik yang begitu indah, ditambah dengan kekayaan budaya yang begitu mumpuni. Tak terkecuali pula pantainya, ada beberapa pantai di pulau bali yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk melakukan kitesurfing. Salah satunya adalah Pantai kuta. Di pantai ini, mudah untuk dicari beberapa sekolah kitesurfing yang bisa digunakan untuk belajjar permainan kitesurfing bagi pemula. Unsur alam dari pantai ini pun sudah bisa dikatakan sebagai pantai yang ideal untuk melakukan kitesurfing. Informasi adanya pantai dan sekolah kitesurfing di pulau Bali sudah didengar oleh pecinta kitesurfing kelas dunia, sehingga tidak heran bila banyak olahragawan kitesurfing yang datang ke Indonesia khususnya pulau bali untuk mendatangi tempat beradu kitesurfing yang menarik. Hingga kini, pulau bali masih menyediakan berbagai pantai indah untuk kitesurfing dan sekolah-sekolah kitesurfing yang menyenangkan.

Pulau Tabuhan

Selain bali, Indonesia juga memiliki  tempat lain yaitu Pulau Tabuhan. Tidak jauh dari pulau bali, pulau tabuhan baru-baru ini juga kerap digunakan sebagai tempat untuk bermain kitesurfing. Pulau ini beberapa kali kedatangan olahragawan kitesurfing dari mancanegara khususnya Uni eropa, tentunya untuk bermain kitesurfing. Pulau ini sangat ideal untuk permainan kitesurfing karena memiliki angin yang kencang dengan ombak yang tidak terlalu besar. tidak hanya itu, pulau ini masih berupa pulau yang jarang terjamah oleh wisatawan sehingga kesan asri dan alami masih menempel pada keindahan pantai di pulau ini.

Pantai Lhoknga

Selanjutnya, Indonesia masih memiliki Aceh sebagai tempat indah lainnya untuk bermain kitesurfing. Tepatnya di Pantai Lhoknga, pemain kitesurfing akan merasakan keindahan dan kesenangan tersendiri saat melakukan kitesurfing di pantai ini. Bahkan, pantai indah di aceh ini sudah terkenal sebagai salah satu tempat menyenangkan di dunia untuk bermain kitesurfing. Terutama untuk pemain yang sudah handal, tempat ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk menguji adrenalin dan kemampuan dalam bermain kitesurfing, karena memiliki angin yang begitu kencang. Angin yang kencang ini membuat pantai Lhoknga menjadi salah satu pantai yang diidolakan oleh peselancar kitesurfing di tingkat dunia. Selain itu, masih ada banyak pantai menarik milik Indonesia lainnya yang tidak kalah menarik sebagai tempat untuk melakukan kitesurfing.

Kitesurfing Olahraga Menarik yang Harus Dicoba

Kitesurfing Olahraga Menarik yang Harus Dicoba. Bagi Anda yang menyukai olahraga menantang, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mempelajari cara melakukan kitesurfing. Kitesurfing merupakan jenis olahraga seru yang melibatkan angin serta layang-layang parasut untuk dapat bergerak di atas air laut. Tentunya, hal ini memerlukan latihan khusus dan dalam latihan tersebut harus berada di bawah pengawasan orang yang sudah ahli dalam permainan kitesurfing.

Kitesurfing Olahraga Yang Menyenangkan Jika Mengikuti Prosedur

Kitesurfing merupakan olahraga yang berbahaya bila dilakukan tidak sesuai dengan prosedur yang direkomendasikan, namun akan menjadi olahraga yang sangat menyenangkan ketika semua prosedur dapat dilewati. Permainan ini sudah lama populer di dunia olahraga terutama di dunia olahraga air. Namun, untuk negara Indonesia, yang baru mengaplikasikan olahraga ini belum terlalu banyak, salah satu dari sedikitnya daerah yang dijadikan sebagai tempat kitesurfing adalah pulau dewata bali.

Kitesurfing Olahraga Yang Menyenangkan Jika Mengikuti Prosedur

Kitesurfing juga memanfaatkan angin dan ombak selain mengandalkan layang-layang yang terbuat dari parasut. Sehingga, peran alam sangatlah besar untuk jenis olahraga ini. Ketika angin sedang bersahabat dan memiliki  deburan ombak yang ideal, maka permainan kitesurfing seolah menjadi salah satu kegiatan surgawi bagi orang-orang yang menyukai olahraga air. Bermodalkan layang-layang parasut serta beberapa pengamanan, maka kegiatan ini bisa dilakukan sepuasnya dan akan sangat terasa uforia dari kenikmatan bermain dengan pantai.

Kebanyakan orang yang bermain kitesurfing sangat menyukai saat-saat angin pantai dan sapuan suasana basah laut menerpa wajah dan tubuh. Sehingga, permainan ini bisa dijadikan sebagai salah satu kegiatan yang dapat melepas stres dan penat. Jika tertarik, Anda bisa pergi ke pulau dewata bali dan mencoba kenikmatan sensasi permainan kitesurfing. Bila Anda belum pernah mencobanya, maka Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa dipandu oleh orang-orang yang sudah ahli.

Sangat Mudah Untuk Mempelajari Olahraga Kitesurfing

Tidak perlu cemas dengan proses pembelajaran yang panjang, karena belajar kegiatan olahraga ini tidaklah memakan waktu yang lama. Biasanya, orang-orang hanya memerlukan waktu sekitar satu minggu saja untuk dapat memainkan jenis olahraga ini dengan aman. Pada saat pembelajaran, poin pokok yang harus Anda pelajari adalah tentang keseimbangan, pola angin dan pola ombak, dangkal dan dalamnya air, serta teknik-teknik untuk bergerak dan menaklukkan kekuatan angin yang berada di bawah layang-layang parasut Anda.

Semua kegiatan memiliki resiko, termasuk untuk kitesurfing ini. Pada beberapa kasus, permainan ini membuat pemainnya cedera. Bahkan, ada beberapa catatan yang menuliskan bahwa ada orang-orang yang meregang nyawa karena bermain permainan ini. Tentunya yang bisa dilakukan para pemain adalah meminimalisir segala kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan cara mengoptimalkan upaya keamanan yang bisa dipelajari pada saat belajar bermain kitesurfing. Dengan pelatihan yang cukup, peralatan keamanan yang mumpuni, rasa percaya diri yang tinggi dan penguasaan materi,. Maka permainan ini sebenarnya tidak seseram yang dibayangkan kebanyakan orang.

Bahkan, kini permainan ini sudah tidak dicatat lagi sebagai permainan ekstrim karena sudah ditemukan berbagai upaya untuk meningkatkan keselamatan pada saat melakukan kitesurfing. Dari maka itu, hendaknya menuruti beberapa peraturan keamanan yang telah disampaikan pemandu, dan jangan sampai ada satu atau dua hal terkait keamanan yang terlupakan. Ketika sudah memperhatikan standar keamanan dalam bermain olahraga kitesurfing. Maka kemungkinan kecelakaan pun dapat diminimalisir sehingga besar kemunngkinan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika Anda berminat dengan permainan ini, maka Anda bisa mempelajarinya mulai sekarang.

Hal Dasar yang Perlu Diperhatikan Saat Belajar Kitesurfing

Hal Dasar yang Perlu Diperhatikan Saat Belajar Kitesurfing Mungkin belum banyak mengetahui istilah olahraga jenis kitesurfing. Namun, setelah dihadapkan pada foto kitesurfing, tentu orang-orang akan mudah dalam membayangkan dan mengerti jenis olahraga ini. Semula, olahraga kitesurfing merupakan salah satu olahraga yang dikategorikan sebagai olahraga yang cukup ekstrim dan membahayakan. Namun, semakin kesini pandangan orang terhadap kitesurfing pun berubah. Kitesurfing kini menjadi salah satu olahraga yang sangat seru dan dapat dipelajari dengan mudah, sehingga banyak orang yang tidak menganggap olahraga kitesurfing ini  sebagai olahraga ekstrim. Kitesurfing merupakan jenis olahraga yang memanfaatkan air laut serta layang-layang parasut untuk menjadi alat kebutuhan dalam melakukan olahraga ini.

Di Indonesia sendiri, permainan ini sudah kerap dilakukan di pulau yang memiliki banyak pantai ideal untuk kitesurfing seperti pulau dewata bali. Karena merupakan olahraga yang sangat seru dan menantang, banyak orang yang penasaran seperti apa rasanya melakukan kitesurfing dan bagaimana cara belajarnya untuk pemula. Sebenarnya, mempelajari kitesurfing bukanlah hal mudah. Namun, sebelum mempelajari cara melakukan olahraga kitesurfing, ada beberapa aspek dasar yang perlu diperhatikan ketika bermain kitesurfing.

Aspek yang pertama adalah kekuatan angin. Walaupun kitesurfing merupakan hal yang sangat seru dan menyenangkan, namun semua ini tidak akan berjalan dengan lancar jika tempat yang digunakan untuk kitesurfing tidak memiliki tiupan angin yang cukup. Idealnya, permainan kitesurfing dilakukan pada pantai yang memiliki hembusan angin kuat yang pas, sehingga kegiatan kitesurfing dapat berjalan dengan lancar. Apalagi, permainan ini adalah jenis permainan yang sangat bergantung terhadap kekuatan angin yang ada, sehingga angin mengambil beran yang begitu besar terhadap permainan ini. Selain angin, aspek lain yang tidak boleh terlewatkan adalah mempelajari seperti apa kedalaman laut yang akan digunakan untuk kegiatan kitesurfing.

Ada beberapa orang yang memilih air dangkal sebagai tempat untuk berlatih kitesurfing, namun ada pula orang yang lebih menyukai air dalam untuk melakukan kegiatan ini. Pada dasarnya, pemilihan dangkal atau dalamnya air sebenarnya bergantung pada tujuan si pemainnya. Pantai dangkal bisa digunakan untuk berlatih karena dapat meminimalisir kemungkinan tenggelam pada saat melakukan olahraga kitesurfing ini. Namun, ketika pemain mengalami cedera dan memerlukan penepian segera, maka kemungkinan kaki pemain akan mengalami luka karena harus bergesekan dengan pasir laut di kedalaman air yang dangkal, sehingga air dangkal pun menciptakan resiko dan keuntungan sendiri. Dan demikian pula dengan air dalam. Air dalam dapat membuat pemain kitesurfing stabil dan kaki tidak akan cedera ketika ingin menghentikan permainan kitesurfing secara tiba-tiba.

Namun, untuk orang yang belum bisa berenang dengan lancar, hal ini akan menjadi bumerang tersendiri ketika tenggelam. Sehingga, dua-duanya memiliki sisi positif dan negatifnya. Dengan begitu, kedua air bisa dipilih sesuai dengan kemampuan si pemain. apabila belum bisa berenang dengan lancar, maka sebaiknya memilih air dangkal. Jika sudah bisa lancar dalam bermain kitesurfing, maka dapat menggunakan air dalam sebagai lokasi untuk melakukan kitesurfing.

Selanjutnya aspek yang perlu dipelajari adalah layang-layang parasut untuk kitesurfing. Idealnya, seseorang sudah mengenal cara kerja parasut dan bagaimana cara parasut dalam berinteraksi dengan angin, sehingga akan mudah dalam menguasai pergerakan parasut ketika sudah mengetahui prinsip dasar parasut dalam bekerja sama dengan angin untuk melakukan kitesurfing. Tentunya, dengan mempelajari itu maka proses berlatih kitesurfing pun akan mudah.

Kejuaraan Kiteboarding yang Diselenggarakan Rutin di Banyuwangi

Kejuaraan Kiteboarding yang Diselenggarakan Rutin di Banyuwangi Apakah Anda sangat tertarik dengan olahraga kiteboarding atau yang lebih dikenal dengan istilah kitesurfing? Pulau Tabuhan, Banyuwangi, beberapa kali pernah menggelar olahraga ektrim ini. Kitesurfing (berselancar di udara) adalah sebuah olahraga air yang sangat menantang. Olahraga ini mengandalkan kemampuan mengendalikan ombak sekaligus kecepatan angin. Saat kejuaraan digelar, masyarakat Banyuwangi berbondong-bondong untuk menyaksikan keseruan kejuaraan olahraga air dan udara ini. Di birunya air laut, ada beberapa peselancar dengan parasut warna-warni. Pemandangan yang indah sekaligus sangat menegangkan. Pernahkah Anda menyaksikan kejuaraan ini? Jika belum, mungkin inilah saatnya.

Pulau Tabuhan, Banyuwangi, digadang-gadang sebagai tempat kejuaraan kiteboarding terbaik. Kabarnya, kejuaraan Kiteboarding ASEAN Games juga akan dilakukan di pulau kecil ini. Pulau dengan lebar tidak lebih dari 5 hektar ini adalah kawasan tepat untuk beberapa permainan air, seperti surfing dan kiteboarding. Selain kejuaraan Kiteboarding ASEAN Games, Pulau Tabuhan juga punya agenda kejuaraan kitesurfing rutin yang telah digelar beberapa tahun belakangan. Kejuaraan rutin tersebut disebut dengan Summer Kitesurf Camp. Kejuaraan ini digelar oleh Pemkab Banyuwangi bekerja sama dengan kesatuan olahraga surfing dunia. Setiap tahunnya, sedikitnya ada 13 negara yang mengikuti kejuaraan ini. Summer Kitesurf Camp sendiri biasanya digelar pada bulan Agustus. Ini menjadi agenda rutin yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Kejuaraan Kitesurfing internasional ini sudah digelar rutin beberapa tahun belakangan. Ada 13 negara yang rutin mengikuti kejuaraan ini, yaitu Austria, Nederland, Thailand, Swiss, Australia, Italia, Frace, Inggris, Spain, Bulgaria, Spanyol, Malaysia, dan tentu saja tuan rumah, Indonesia. Dari 13 negara tersebut, masing-masing negara boleh mengirimkan lebih dari satu atlit. Sejak tahun 2017 lalu, kejuaraan ini telah dimasukkan ke dalam agenda rutin Banyuwangi. Kejuaraan ini pun sudah dikemas secara professional oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Untuk tahun 2018 ini, kejuaraan serupa pun akan digelar dan dipastikan akan lebih semarak dari tahun-tahun sebelumnya. Anda hanya hanya harus menunggu tanggal mainnya saja.

Pulau Tabuhan, Banyuwangi, memang pantas dijadikan sebagai pulau untuk bermain kitesurfing. Di pulau yang berada di kawasan Banyuwangi utara ini, selalu ada ombak bergulung-gulung yang tidak terlalu besar. Lalu, kecepatan anginnya juga termasuk normal, yaitu antara 20 – 30 knot. Waktu terbaik untuk bermain kitesurfing adalah saat musim panas, yaitu antara Juli sampai denga Agustus. Pada rentang bulan tersebut, kondisi angin sedang bagus-bagusnya. Jadi, Anda bisa bermain kitesurfing dengan lebih baik. Jika Anda memiliki waktu luang, Anda pun bisa menyempatkan diri untuk menyaksikan kejuaraan kiteboarding yang digelar pada bulan Agustus. Pengalaman menyaksikan kejuaraan kiteboarding pasti akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan dalam kehidupan Anda.

Bagi Pemkan sendiri, adanya kejuaraan kitesurfing bertaraf internasional ini sangat menguntungkan. Kejuaraan kitesurfing ini menjadi sarana untuk mempromosikan Kota Banyuwangi ke publik secara luas. Dengan adanya kejauraan Kitesurfing, akan ada wisatwan-wisatawan asing yang memadati Pulau Tabuhan. Pariwisata di pulau ini pasti akan naik. Lebih dari itu, pulau kecil yang tidak berpenduduk ini sejatinya adalah sebuah pulau yang indah. Di pulau dengan luas 5 hektar ini, hamparan pasir putih masih sangat putih dan terjaga. Air laut pun terlihat sangat jernih. Saat masih pagi, Anda bahkan bisa melihat biota laut dari permukaan pantai karena kejernihan air lautnya. Sayangnya, pulau kecil ini kalah saing dengan Bali. Dengan adanya kejuaraan ini, Pulau Tabuhan mulai dikenal masyarakat luas.

Teknik Bermain Kiteboarding bagi Pemula

Teknik Bermain Kiteboarding bagi Pemula Olahraga kiteboarding memang masih sangat asing di telinga beberapa orang, terutama orang-orang yang memang tidak memiliki minat pada olahraga air. Akan tetapi, bagi pecinta olahraga air, kiteboarding adalah salah satu olahraga air yang sekarang sedang booming. Olahraga ini juga dikenal dengan istilah kitesurfing. Tidak seperti surfing biasa, kiteboarding atau kitesurfing ini memadukan kemampuan berselancar dengan bermain layangan. Permainan ini memang sangat seru dan menegangkan. Dilihat sekilas, olahraga ini memang kelihatannya gampang dan sederhana. Padahal, butuh skill tertentu yang harus dikuasai agar bisa memainkan permainan ini dengan seru dan menyenangkan. Setidaknya, ada beberapa teknik yang harus Anda kuasai saat bermain kiteboarding. Berikut ini adalah teknik-teknik bermain kitesurfing.

Mengenal Lebih Dekat Olahraga Kiteboarding

Mengenal Lebih Dekat Olahraga Kiteboarding Penasaran dengan apa itu olahraga air kiteboarding? Jika iya, artikel ini adalah jawabannya. Kiteboarding atau yang lebih dikenal dengan kitesurfing adalah salah satu olahraga air yang belakangan ini banyak diminati oleh kaun mudah. Kiteboarding sendiri merupakan olahraga air yang memadukan antara surfing dan juga layangan. Olahraga surfing biasa hanya menggunakan papan seluncur kemudian didayung menggunakan tangan lalu menyelaraskan diri dengan ombak. Sementara itu, olahraga kitesurfing tidak hanya menguji bakat Anda dalam bermain surfing, tetapi juga kemampuan Anda dalam mengendalikan parasut khusus yang tertipu angin (hampir mirip seperti mengendalikan layangan raksasa). Tentu saja dibutuhkan skill khusus agar bisa mengendalikan dua rintangan sekaligus. Tertarik untuk mencobanya?

Pulau Tabuhan, Pulau Andalan Para Kiteboarding

Pulau Tabuhan, Pulau Andalan Para Kiteboarding Kiteboarding atau yang juga dikenal denga kitesurfing menjadi salah satu olahraga yang cukup populer belakangan ini. Anak-anak muda, khususnya pecinta surfing, berbondong-bondong ingin mencoba olahraga air ini. Tak hanya seru dan menyenangkan, Kiteboarding juga sangat menegangkan dan memacu adrenalin. Memaikan permainan ini membutuhkan keberanian dan skill tersendiri. Sudah pernah coba? Sebagai negara maritim, Indonesia memang punya banyak sekali pantai. Akan tetapi, tidak semua pantai tersebut bisa dijadikan area untuk bermain kiteboarding. Permainan ini membutuhkan pantai dengan ombak bergulung-gulung yang tidak terlalu besar. Lalu, kondisi kecepatan angin juga harus stabil di angka di atas 20 knot. Di pantai seperti itulah olahraga ini baru bisa dimainkan.