Begini Uniknya Kitesurfing Di Australia yang Dilakukan Di Bawah Laut

Begini Uniknya Kitesurfing Di Australia yang Dilakukan Di Bawah Laut

Begini Uniknya Kitesurfing Di Australia yang Dilakukan Di Bawah Laut. Bagi orang-orang yang menyukai dunia olahraga air, tentu kitesurfing bukanlah merupakan jenis olahraga yang asing di telinga. Setelah sebelumnya sempat dikategorikan sebagai permainan ekstrim, kini kitesurfing sudah banyak dilakukan oleh peselancar laut karena kategori permainan ekstrim sudah tidak berlaku lagi untuk olahraga yang satu ini.

Tidak Semua Pantai Tampak Ideal Untuk Olahraga Kitesurfing

Umumnya, kitesurfing dilakukan dengan mengandalkan angin dan kedalaman air yang dipijak, serta layang-layang parasut yang digunakan. Sehingga, tidak semua pantai ideal untuk permainan ini, melainkan harus pantai yang memiliki tipe angin yang sesuai karena olahraga ini sangat membutuhkan angin sebagai media untuk membantu pemain kitesurfing. Namun, tidak demikian halnya dengan permainan kitesurfing di Australia. Ada permainan kitesurfing di australia yang tidak lazim dilakukan, yaitu kitesurfing yang dilakukan di bawah air.

Tidak Semua Pantai Tampak Ideal Untuk Olahraga Kitesurfing

Hal ini tentu mengejutkan bagi beberapa orang yang selama ini sudah berpikir bahwa kitesurfing hanya bisa dilakukan di permukaan laut dengan kriteria tertentu. Namun nyatanya, di negara Australia permainan kitesurfing di dalam air sudah banyak dilakukan oleh peselancar kitesurfing sejati. Tepatnya di kepulauan Cocos Keeling, banyak peselanncar kitesurfing yang melakukan olahraga ini dengan menyelam.

Olahraga kitesurfing di dalam air ini tentu bukan merupakan olahraga yang umum, sehingga harus orang yang benar-benar ahli lah yang bisa melakukannya. Berbeda halnya dengan permainan kitesurfing yang membutuhkan pengaturan dan teknik tertentu dalam menaklukan angin, kitesurfing bawah air harus bisa melakukan penaklukan aliran air. Selain itu, pemain kitesurfing bawah air juga harus merupakan penyelam yang sudah handal dan mahir, karena harus bisa berenang dan bisa menahan napas selama jangka waktu yang cukup lama.

Keunikkan Kitesurfing Bawah Laut di Australia

Bagi orang awam yang ingin bermain kitesurfing bawah air, tentu harus mengikuti pelatihannya terlebih dahulu. Kendala yang seringkali dialami oleh peselancar kitesurfing bawah air adalah dalamnya laut yang terkadang membuat layang-layang parasut yang digunakan oleh pemain menjadi kurang terlihat. Ketika hal ini terjadi, maka membutuhkan teknik khusus untuk dapat beradaptasi diri dengan itu. Namun, terlepas dari kendala tersebut, kitesurfing bawah air kerap disebut sebagai surganya para peselancar kitesurfing. Hal ini karena kitesurfing yang dilakukan di bawah air seakan tidak terikat dengan gravitasi, sehingga pergerakan akan mengalir begitu saja dan akan sangat terasa kenikmatan dari permainan olahraga ini.

Setidaknya, para pemain kitesurfing bawah air membutuhkan laut yang berkedalaman minimal 10 meter untuk bisa benar-benar menggunakan parasutnya agar melebar dan dapat membawanya mengikuti aliran laut. Dengan begitu, sudah jelas bahwa permainan ini harus dilakukan oleh orang-orang yang memang berkompeten dalam bidangnya sehingga tidak akan terjadi hal yang tidak diingikan. Meskipun terlihat sangat menantang, permainan ini bisa dijadikan sebagai inovasi baru bagi orang-orang pecinta kitesurfing yang menyukai tantangan baru.

Ketika sudah berada di bawah laut dan menemukan aliran yang pas, permainan ini akan menjadi permainan air yang sangat menyenangkan. Tentunya dalam melakukan permainan kitesurfing bawah air ini juga harus memperhatikan teknik untuk mengatur diri sendiri ketika mulai terbawa aliran, sehingga memiliki upaya keselamatan saat layang-layang parasut mulai membawa ke tengah lautan. Sehingga, pelatihan harus benar-benar selesai dan menjadi peselancar bawah laut yang handal ketika akan terjun ke bawah perairan Cocos Keeling. Untuk pecinta kitesurfing, maka permainan bawah laut yang satu ini patut untuk dicoba.