kejuaraan kiteboarding yang diselenggarakan rutin di banyuwangi

Kejuaraan Kiteboarding yang Diselenggarakan Rutin di Banyuwangi

Kejuaraan Kiteboarding yang Diselenggarakan Rutin di Banyuwangi Apakah Anda sangat tertarik dengan olahraga kiteboarding atau yang lebih dikenal dengan istilah kitesurfing? Pulau Tabuhan, Banyuwangi, beberapa kali pernah menggelar olahraga ektrim ini. Kitesurfing (berselancar di udara) adalah sebuah olahraga air yang sangat menantang. Olahraga ini mengandalkan kemampuan mengendalikan ombak sekaligus kecepatan angin. Saat kejuaraan digelar, masyarakat Banyuwangi berbondong-bondong untuk menyaksikan keseruan kejuaraan olahraga air dan udara ini. Di birunya air laut, ada beberapa peselancar dengan parasut warna-warni. Pemandangan yang indah sekaligus sangat menegangkan. Pernahkah Anda menyaksikan kejuaraan ini? Jika belum, mungkin inilah saatnya.

Pulau Tabuhan, Banyuwangi, digadang-gadang sebagai tempat kejuaraan kiteboarding terbaik. Kabarnya, kejuaraan Kiteboarding ASEAN Games juga akan dilakukan di pulau kecil ini. Pulau dengan lebar tidak lebih dari 5 hektar ini adalah kawasan tepat untuk beberapa permainan air, seperti surfing dan kiteboarding. Selain kejuaraan Kiteboarding ASEAN Games, Pulau Tabuhan juga punya agenda kejuaraan kitesurfing rutin yang telah digelar beberapa tahun belakangan. Kejuaraan rutin tersebut disebut dengan Summer Kitesurf Camp. Kejuaraan ini digelar oleh Pemkab Banyuwangi bekerja sama dengan kesatuan olahraga surfing dunia. Setiap tahunnya, sedikitnya ada 13 negara yang mengikuti kejuaraan ini. Summer Kitesurf Camp sendiri biasanya digelar pada bulan Agustus. Ini menjadi agenda rutin yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Kejuaraan Kitesurfing internasional ini sudah digelar rutin beberapa tahun belakangan. Ada 13 negara yang rutin mengikuti kejuaraan ini, yaitu Austria, Nederland, Thailand, Swiss, Australia, Italia, Frace, Inggris, Spain, Bulgaria, Spanyol, Malaysia, dan tentu saja tuan rumah, Indonesia. Dari 13 negara tersebut, masing-masing negara boleh mengirimkan lebih dari satu atlit. Sejak tahun 2017 lalu, kejuaraan ini telah dimasukkan ke dalam agenda rutin Banyuwangi. Kejuaraan ini pun sudah dikemas secara professional oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Untuk tahun 2018 ini, kejuaraan serupa pun akan digelar dan dipastikan akan lebih semarak dari tahun-tahun sebelumnya. Anda hanya hanya harus menunggu tanggal mainnya saja.

Pulau Tabuhan, Banyuwangi, memang pantas dijadikan sebagai pulau untuk bermain kitesurfing. Di pulau yang berada di kawasan Banyuwangi utara ini, selalu ada ombak bergulung-gulung yang tidak terlalu besar. Lalu, kecepatan anginnya juga termasuk normal, yaitu antara 20 – 30 knot. Waktu terbaik untuk bermain kitesurfing adalah saat musim panas, yaitu antara Juli sampai denga Agustus. Pada rentang bulan tersebut, kondisi angin sedang bagus-bagusnya. Jadi, Anda bisa bermain kitesurfing dengan lebih baik. Jika Anda memiliki waktu luang, Anda pun bisa menyempatkan diri untuk menyaksikan kejuaraan kiteboarding yang digelar pada bulan Agustus. Pengalaman menyaksikan kejuaraan kiteboarding pasti akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan dalam kehidupan Anda.

Bagi Pemkan sendiri, adanya kejuaraan kitesurfing bertaraf internasional ini sangat menguntungkan. Kejuaraan kitesurfing ini menjadi sarana untuk mempromosikan Kota Banyuwangi ke publik secara luas. Dengan adanya kejauraan Kitesurfing, akan ada wisatwan-wisatawan asing yang memadati Pulau Tabuhan. Pariwisata di pulau ini pasti akan naik. Lebih dari itu, pulau kecil yang tidak berpenduduk ini sejatinya adalah sebuah pulau yang indah. Di pulau dengan luas 5 hektar ini, hamparan pasir putih masih sangat putih dan terjaga. Air laut pun terlihat sangat jernih. Saat masih pagi, Anda bahkan bisa melihat biota laut dari permukaan pantai karena kejernihan air lautnya. Sayangnya, pulau kecil ini kalah saing dengan Bali. Dengan adanya kejuaraan ini, Pulau Tabuhan mulai dikenal masyarakat luas.