Olahraga Ekstrim Kitesurfing

Olahraga Ekstrim Kitesurfing

Olahraga Ekstrim Kitesurfing. Ada banyak olahraga ekstrim yang ada didunia ini, salah satunya yang cukup asing bagi masyarakat adalah Kitesurfing. Olahraga Kitesurfing dikenal dengan nama kiteboarding atau flysurfing.

Olahraga Kitesurfing adalah olahraga ekstrim yang menggunakan layang-layang traksi yang menarik seorang atlit dengan menggunakan lima baris, kemudian meluncur diatas air. Ketika meluncur maka ada beberapa teknik yang bisa dilakukan, diantaranya adalah teknik air style atau dikenal dengan teknik lombat seperti jamping, wave racing yaitu teknik yang menggabungkan antara kiteboarding dengan selancar, freeride yaitu teknik bebas orang yang mengemudi, dan masih banyak lagi teknik lainnya yang digunakan. . Untuk perawatan dasar yang ada pada

Kitesurfing diantaranya adalah layang-layang, batang kemudi, harness atau sabuk pengaman, tabel, 4 hingga 5 tali untuk pengaman, Leash, harness ke bar dan safety line.  Selain itu alat tambahan lainnya untuk keselamatan diri sendiri antara lain helm, lifejacket, buggy pasir, monopatin off road, juga setelan neoprene dan sepatu boot. Selain itu sebelum bermain atau berolahraga pastikan selalu mengecek kecepatan dan arah mata angin. Pastikan juga jangan berlatih dengan menggunakan angin lepas pantai, khususnya bagi seorang pemula.

TIPE BOW ATAU FLAT

Sekarang ini olahraga Kitesurfing tidak hanya untuk kesenangan semata, bahkan sudah menjadi olahraga dunia yang dilombakan. Bahkan pada tanggal 26 Agustus 2007 seorang atlit Kitesurfing Gisela Pulido menjadi juara dunia berturut-turut empat kali.Dalam olahraga ini penting juga bagi anda untuk mengetahui jenis-jenis layang yang digunakan. Berikut jenis layang yang digunakan :

  • Tipe delta

Untuk layangan tipe Delta merupakan layang-layang memiliki banyak rentang angin, layang-layang ini sangat cocok digunakan oleh seorang pemula.

  • Tipe hibrida

Merupakan layang-layang dengan tipe campuran, layang tipe ini menggabungkan antara kekuatan dan fleksibilitas serta control yang kuat.

  • Tipe C

Layang-layang tipe C memiliki bentuk setengah lingkaran, layang-layang jenis ini cocok digunakan untuk teknik freestyle atau teknik bebas. Layang-layang ini sangat kuat dan cepat yang memiliki rentang angin  yang rendah dibanding dengan tipe Bow

  • Tipe Bow atau Flat

Merupakan tipe layang-layang yang bisa  digunakan saat angin kencang, karena layang-layang ini sangat fleksibel

  • Jenis foll

Adalah layang-layang yang mirip dengan paragliders. Layang ini memiliki dua lapisan pano yang terbagi oleh beberapa sel, dan tipe layang ini biasanya lebih tahan terhadap dampak.

Untuk anda yang tinggal di Indonesia dan ingin mencoba olahraga ekstrim Kitesurfing maka harus mengetahui pantai mana saja yang biasa dijadikan sebagai tempat Kitesurfing, pantai favorit yang digunakan banyak orang untuk Kitesufing biasanya akan lebih aman dan nyaman. Salah satu pantai yang sangat populer adalah Pantai Likey. Pantai Likey ini merupakan pantai yang berada di Kabupaten Dompu, provinsi Nusa Tenggara Barat. Di pantai ini ada banyak spot Kitesurfing yang akan memanjakan anda. Untuk kondisi angin laut dikawasan ini cukup kencang, sehingga akan mendukung dengan baik kegiatan Kitesurfing. Untuk mengabadikan moment indah ini maka anda atau saudara anda bisa mengabadikan kegiatan surfing melalui menara yang berada di pantai Likey. Dipantai ini bahkan terdapat 4 jenis ombak yang berbeda-beda, ada cobble stones, Perscope, Lakey Pipe, Lakey Peak. Jika anda ingin melakukan olahraga Kitesurfing maka kunjungi pantai Likey ini dibulan April hingga Oktober.

About the author: Scarlett Steward