pulau tabuhan, pulau andalan para kiteboarding

Pulau Tabuhan, Pulau Andalan Para Kiteboarding

Pulau Tabuhan, Pulau Andalan Para Kiteboarding Kiteboarding atau yang juga dikenal denga kitesurfing menjadi salah satu olahraga yang cukup populer belakangan ini. Anak-anak muda, khususnya pecinta surfing, berbondong-bondong ingin mencoba olahraga air ini. Tak hanya seru dan menyenangkan, Kiteboarding juga sangat menegangkan dan memacu adrenalin. Memaikan permainan ini membutuhkan keberanian dan skill tersendiri. Sudah pernah coba? Sebagai negara maritim, Indonesia memang punya banyak sekali pantai. Akan tetapi, tidak semua pantai tersebut bisa dijadikan area untuk bermain kiteboarding. Permainan ini membutuhkan pantai dengan ombak bergulung-gulung yang tidak terlalu besar. Lalu, kondisi kecepatan angin juga harus stabil di angka di atas 20 knot. Di pantai seperti itulah olahraga ini baru bisa dimainkan.

Lokasi terbaik untuk bermain kiteboarding adalah di Pulau Tabuhan. Bagi pecinta surfing, Anda mungkin sudah sangat mengenal pulau ini. Pulau Tabuhan terletak di Banyuwangi. Luas pulau ini tidak lebih dari 5 hektar. Pulau kecil tersebut memiliki pasir putih yang masih bersih dengan pantai biru yang sangat cantik. Tak hanya itu, pantai di Pulau Tabuhan juga memiliki semua kriteria pantai untuk bermain surfing dan kiteboarding. Beberapa orang, baik wisatawan lokal maupun wisatawan luar negeri, bahkan menganggap pulau ini sebagai pulau terbaik untuk surfing di Indonesia. Lalu, di mata dunia, Pulau Tabuhan di Banyuwangi ini menjadi pulau terbaik kedua setelah Hawaii sebagai pulau untuk bermain surfing.

Mengapa pulau ini dijuluki sebagai area surfing dan kiteboarding terbaik? Alasannya sudah jelas karena pantai di Pulau Tabuhan memiliki ombak bergulung-gulung yang tidak terlalu besar. Selain itu, kecepatan angin di pulau ini rata-rata sekitar 20 – 30 knot. Sudah cukup untuk bermain kiteboarding. Bahkan, pulau ini juga beberapa kali dijadikan sebagai area penyelenggara kejuaraan surfing dan kiteboarding tingkat internasional. Ini menjadi bukti bahwa Pulau Tabuhan sampai sekarang tetap menjadi idola peselancar. Jika Anda ingin merasakan sensasi luar biasa saat mencoba Kiteboarding, cobalah datang ke Pulau Tabuhan, Banyuwangi. Letaknya tidak cukup jauh dari pusat kota Banyuwangi.

Lelah bermain surfing atau kiteboarding, Anda juga bisa menikmati fasilitas wisata di Pulau Tabuhan. Pulau Tabuhan memang menjadi salah satu objek wisata andalah di Banyuwangi. Pulau ini didesain sebagai pulau wisata yang menawarkan berbagai aktivitas wisata menarik. Salah satu kegiatan wisata yang bisa Anda coba selain kiteboarding adalah mengunjungi penakaran hiu. Ada penakaran hiu di pulau tak berpenghuni ini. Anda bisa melihat dari dekat bagaimana proses melestarikan predator laut yang dikenal sangat galak tersebut. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan snorkeling di area bawah laut pulau ini. Keadaan bawah laut di pulau ini tidak kalah dengan yang ada di tempat-tempat lain. Anda bisa menikmati keindahan alam bawah laut dengan olahraga snorkeling.

Tertarik untuk mencoba kiteboarding, surfing, dan snorkeling di pulau ini? Segera atur waktu liburanmu untuk datang ke Banyuwangi. Anda bisa menggunakan kereta untuk sampai di Banyuwangi. Setelah itu, Ada bisa menuju Pantai Bangsring atau Pantai Grand Watu Dodol. Dari pantai ini, Anda bisa langsung menuju Pulau Tabuhan. Biaya penyeberangan menggunakan kapal sekitar Rp 500.000/rombongan. Maksimal rombongannya adalah 12 orang. Tak perlu repot-repot membawa alat kiteboarding, surfing, atau snorkeling karena ada banyak tempat penyewaan alat-alat tersebut di Pulau Tabuhan. Harga sewanya mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 30.000 saja.