syarat lokasi kiteboarding

Syarat Lokasi Kiteboarding

Syarat Lokasi Kiteboarding Memilih lokasi untuk mencoba tantangan olah raga ekstrim seperti kiteboarding memang tidak bisa sembarangan. Sebab olah raga yang satu ini harus dilakukan pada lokasi yang tepat. Sebab jika lokasinha tidak tepat maka bisa jadi olah raga ini akan menjadi sangat berbahaya. Jadi ketika anda memilih laut yang keliru maka olah raga ini menjadi cukup  berbahaya. Terlebih jika anda adalah pemula. Selain anda bisa berolah raga sambil menikmati keindahan laut yang anda tantang tersebut, namun anda juga harus berhadapan dengan kecepatan angin. Berbeda dengan olah raga surfing. Surfing akan semakin menantang jika kondisi laut memiliki ombak yang semakin kencang. Sebab surfing sangat mengandalkan kekuatan ombak untuk meraih keseruan.

Namun yang dapar dinikmati dari olah raga kiteboarding adalah sensasi berakrobat di atas air dan udara sekaligu. Itulah sebabnya tidak semua laut bisa dipakai untuk kiteboarding. Ada beberapa lokasi yang sangat disukai para kiteboarder. Salah satunya berada di bali. Bali selain memiliki keindahan pantainya dan pasir putihnya, bali memang menjadi lokasi yang paling seru untuk melakukan beberapa jenis olah raga air yang cukup unik dan menantang adrenalin. Bali yang terkenal dengan keindahan pantainya memang menjadi lokasi yang cocok untuk kiteboarding. Jadi para kiteboarder bisa melayang sekaligus menikmati keindahan dari pantai dan pasir putihnya.

Syarat sebuah pantai yang bisa dipakai untuk melakukan olah raga kiteboarding adalah pantai yang memiliki kondisi ombak yang cenderung stabil disertai dengan kondisi kecepatan angin yang juga stabil. Kondisi ombak yang tidak terlalu besar ini harus dimiliki untuk melakukan olah raga kiteboarding. Sedangkan jika kecepatan angin yang konstan dibutuhkan karena memang jika angin yang terlalu kencang atau terlalu kuat, akan menerbangkan parasut terlalu tinggi. Ketika parasut terbang terlalu tinggi, maka anda akan sulit untuk mengontrolnya dan juga melakukan bebérapa gerakan akrobatik di atas air yang menjadi kunci utama olah raga kiteboarding. Begitu pula dengan kondisi ombak yang terlalu kuat akan membuat gerakan dari kiteboarder menjadi tidak stabil. Papan seluncur tidak akan stabil di atas air. Sehingga tidak semua laut bisa dipakai untuk merasakan sensasi olah raga ini. Ada beberapa pantai yang sejauh ini banyak dipilih oleh para kiteboarder. Di bali setidaknya ada pantai sanur dan area pantai canggu. Di lombok para kiteboarding lebih suka memilih gili air untuk lokasi kiteboarding. Namun baru-baru ini ada lokasi baru yang digemari oleh kitenoarder. Lokasinya adalah pantai tabuhan banyuwangi. Pantai tabuhan baru-baru ini dianggap sangat cocok untuk olah raga ini. Sebab kecepatan angin dan juga ombaknya stabil.

Persyaratan lokasi yang semacam itu sebenarnya memang tidak semua lokasi pantai memenuhinya. Lokasi lainnya yang cocok untuk dijadikan lokasi kiteboarding adalah pantai di aceh besar. Kecepatan anginnya berkisar antara 20 hingga 30 knot. Sedangkan kecepafan angin hanh direkomendasikan untuk olah raga ini adalah sekitar 20 knot. Jadi jika anda ingin mencoba mencari lokasi lainnya anda harus mencari lokasi pantai yang memiliki kecepatan angin stabil. Jika anda ingin altefnatif lokasi lainnya anda bisa mencoba di area bintan sulawesi tengah. Pantainya juga memiliki ombak yang stabil dan angin yang juga  stabil. Jadi jika anda tidak ingin ke bali anda bisa pilih lokasi tersebut untuk kiteboarding yang berbeda dari orang kebanyakan.

2 thoughts on “Syarat Lokasi Kiteboarding”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *