teknik bermain kiteboarding bagi pemula

Teknik Bermain Kiteboarding bagi Pemula

Teknik Bermain Kiteboarding bagi Pemula Olahraga kiteboarding memang masih sangat asing di telinga beberapa orang, terutama orang-orang yang memang tidak memiliki minat pada olahraga air. Akan tetapi, bagi pecinta olahraga air, kiteboarding adalah salah satu olahraga air yang sekarang sedang booming. Olahraga ini juga dikenal dengan istilah kitesurfing. Tidak seperti surfing biasa, kiteboarding atau kitesurfing ini memadukan kemampuan berselancar dengan bermain layangan. Permainan ini memang sangat seru dan menegangkan. Dilihat sekilas, olahraga ini memang kelihatannya gampang dan sederhana. Padahal, butuh skill tertentu yang harus dikuasai agar bisa memainkan permainan ini dengan seru dan menyenangkan. Setidaknya, ada beberapa teknik yang harus Anda kuasai saat bermain kiteboarding. Berikut ini adalah teknik-teknik bermain kitesurfing.

Posisikan tubuh dengan benar

Bagi pada pemula, Anda mungkin akan berkali-kali jatuh saat baru pertama kali mencoba olahraga air yang satu ini. Setelah jatuh di air, Anda mungkin akan kesulitan untuk bangkit. Nah, ini yang membuat olahraga air ini cukup berbahaya karena jika Anda tidak bisa bangkit dari air, nyawa Anda yang akan jadi taruhanya. Untuk itu, skill pertama yang harus Anda kuasai adalah memposisikan tubuh. Usahakan posisi tubuh Anda seimbang agar tidak mudah jatuh. Lalu, setelah jatuh, Anda juga harus tahu bagaimana caranya bangkit. Agar bisa cepat keluar dari air, Anda juga harus memposisikan tubuh dengan benar. Tarik lutut Anda ke arah dada, lalu tarik tumit ke arah pantat, Kemudian perluas jangkauan kaki dan arahkan ke arah yang nyaman. Pegang kuat-kuat tali parasut khusus agar bisa bangkit kembali

Mulai Atraksi

Ketika Anda sudah mulai bisa memposisikan diri, Anda bisa mulai melakukan atraksi. Untuk memulainya, Anda bisa melakukan beberapa teknik menerbangkan layangan. Yang jelas, pastikan kondisi angin stabil dulu ya, baru bisa memulai atraksi. Atraksi pertama bisa dengan cara menerbangkan layang-layang dengan posisi terbalik. Lalu, putar-putar sesuai arah angin. Maka, Anda pun bisa atraksi dengan aman. Cara kedua, Anda bisa melakukan power stroke. Atraksi power stroke dilakuka dengan cara melayangkan kiteboarding di sisi lain. Jika kondisi angin kurang kencang, Anda bisa memacunya dengan menarik dan mengendurkan bagian dada ke arah lutut. Hal ini bisa sangat berguna untuk mengendalikan arah dari kitesurfing. Setelah berhasil keluar dari air, lagsung luruskan kedua kaki dan angkat kaki ke depan untuk memulai atraksi kitesurfing ini.

Taklukkan masalah ketika keluar dari air

Berusaha keluar dari air memang tidak mudah. Setelah sampai di permukaan air, akan ada beberapa rintangan yang harus Anda hadapi. Inilah sisi ekstrim dari olahraga ini. Anda harus bisa menahan diri agar tidak terjatuh ke depan atau belakang. Ketika Anda terlambat bangun, olahraga ini bisa membuat Anda tenggelam. Untuk itu, pastikan Anda punya teknik tersendiri agar bisa tetap berselancar di permukaan air.

Baca: Syarat Lokasi Kiteboarding

Itulah tiga teknik dasar yang harus Anda kuasai saat bermain kiteboarding. Melihat sekilas tiga tahap di atas, permainan air ini memang cukup berbahaya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak melakukannya sendirian pada saat latihan. Harus ada instruktur ahli yang mengawasi Anda. Hal ini sebagai antisipasi apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Pihak instruktur kitesurfing yang sudah ahli pasti punya beberapa teknik penyelamatan jika Anda tidak bisa keluar dari dalam air atau pada saat tidak bisa mengendalikan kitesurfing.

One thought on “Teknik Bermain Kiteboarding bagi Pemula”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *