teknik dasar kiteboarding

Teknik Dasar Kiteboarding

Teknik Dasar Kiteboarding Kiteboarding merupakan salah satu jenis olah raga baru yang sedang digemaei oleh masyarakat. Sebagai salah satu jenis olah raga yang sangat menantang tentu dibutuhkan sebuah keberanian untuk melakukan olah raga yang tergolong cukup ekstrim ini. Jadi ketika anda belum memiliki keberanian untuk mencoba olah raga ini maka akan sangat sulit anda untuk melakukan olah raga yang satu ini. Meskipun anda sudah pernah mencoba olah raga selancar air, anda tetap harus belajar untuk memainkan olah raga yang satu ini. Meskipun anda adalah peselancar yang cukup handal, akan tetapi tetap sangat disarankan bagi anda untuk belajar menguasai olah raga ini lebih lanjut. Sehingga anda akan lebih mudah menikmati olah raga yang satu ini. Terlebih bagi anda para pemula sangat wajib anda mengambil sekolah khusus untuk bermain olah raga kiteboarding. Olah raga yang satu ini memang memadukan antara surfing dan layang-layang. Meskipun anda sudah pernah mencoba keduanya secara terpisah akan perlu latihan khusus untuk menguasai keduanya dan mengendalikan keduanya secara bersamaan. Jadi memang jenis olah raga ini cukup unik dan sangat menantang. Ada beberapa teknik dasar yang harus anda kuasai agar anda bisa mengendalikan papan seluncur sekaligus mengendalikan layang-layang secara bersamaan. Jadi memang sangat dibutuhkan keberanian serta teknik yang sesuai untuk menguasai olah raga ekstrim yang satu ini.

Teknik dasar yang seharusnya anda kuasai adalah teknik dasar surfing. Diantaranya adalah teknik paddling atau yang disebut sebagai teknik mengayuh. Teknik mengayuh ini kurang lebih dengan posisi badan anda berbaring di atas papan seluncur kemudian anda harus mengayuh dengan kondisi posisi hidung hanya berada pada posisi beberapa inchi saja dari air. Ketika posisi hidung anda terlalu masuk ke air atau posisi anda tidak sesuai maka kemungkinan besar anda akan jatuh. Sebab pengaturan posisi hidung dan air memberikan keseimbangan para pemain kiteboarding di atas air ketika menjalankan papan seluncurnya. Kemudian teknik kedua yang harus dikuasi benar-benar adalah teknik pop up. Teknik ini sebenarnya adalah sebuah teknik khusus dimana posisi tubuh anda dari berbaring harus segera berdiri dan berjalan diatas papan seluncur. Jadi teknik ini sangat membutuhkan kekuatan lengan untuk melakukannya. Selain kekuatan lengan yang harus anda latih, kecepatan dan insting anda untuk moment anda harus segera berdiri di atas papan seluncur akan diuji. Teknik berikutnya adalah teknik untuk mengendalikan parasut supaya seimbang dan tidak oleng. Melakukan olah raga ini benar-benar membutuhkan tenaga yang super kuat. Sebab anda harus melompat setinggi-tingginya untuk mencari posisi keseimlbangan di atas papan seluncur.

Olah raga kiteboarding benar-benar memerlukan kekuatan lengan yang bagus. Sebab jika lengan tidak kuat, maka yang akan terjadi adalah anda akan kesulitan untuk menguasai olah raga ini. Lengan yang kuat diperlukan untuk posisi berdiri di atas papan seluncur sekaligus untuk memegang kendali penuh atas parasut yang diterbangkan angin. Parasut akan cukup berat ketika diterbangkan oleh angin. Jadi lengan dan tangan harus benar-benar kuat untuk memegang parasut. Jika tidak cukup kuat maka akan sangat berbahaya untuk anda terutama bagi pemula. Jadi kuncinya adalah anda harus melatih otot lengan dengan baik. Latihan ini akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selain itu kalori yanh terbakar karena olah raga ini juga akan cukup banyak. Jadi sangat cocok untuk anda yang ingin membentuk otot lengan dengan baik dan cukup kuat.

About the author: Scarlett Steward

2 comments to “Teknik Dasar Kiteboarding”

You can leave a reply or Trackback this post.

  1. luckyoetama - May 11, 2010 at 3:12 pm Reply

    meskipun terbilang dasar, tp kalo liat dari tutoarial videonya kok agak expert yahhhh

  2. Didi Dharma - June 13, 2018 at 6:25 am Reply

    thx ilmunya min . .

Leave a Reply

Your email address will not be published.